Untuk mendownload silahkan cari tombol download, jika tombol/link tidak tersedia silakan berikan komentar. Terimakasih atas kunjungannya.

Mengkaji Prinsip-prinsip Perencanaan Pembelajaran dan Pengembangan Media Pembelajaran

Kembali lagi bersama saya di blog tetamatika, tetamatika memberikan berbagai administrasi guru, materi ajar, media pembelajaran yang berkaitan dengan pelajaran matematika. Akan tetapi kali ini saya akan membahas tentang mengkaji prinsip-prinsip perencanaan pembelajaran dan pengembangan media pembelajaran, materi ini saya dapatkan saat mengikuti guru pembelajar.



A.     PERENCANAAN PEMBELAJARAN

    1. Berdasarkan Permendikbud Nomor 65 Tahun 2013 tentang Standar Proses, RPP  adalah rencana kegiatan pembelajaran tatap muka untuk satu pertemuan atau lebih.
    2. RPP dikembangkan dari silabus untuk mengarahkan kegiatan pembelajaran peserta didik dalam upaya mencapai Kompetensi Dasar (KD). 
    3. Rincian tentang RPP dijelaskan pada lampiran Permendikbud Nomor 103 Tahun 2014 tentang Pembelajaran Pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah.
    4. Pelaksanaan pembelajaran harus memenuhi beberapa unsur ilmiah, relevan, sistematis, konsisten, memadai, aktual dan kontekstual, fleksibel, dan menyeluruh.
    5. Komponen RPP mencakup : (1) identitas sekolah/madrasah, mata pelajaran, dan kelas/ semester; (2) alokasi waktu; (3) KI, KD indikator pencapaian kompetensi; (4) materi pembelajaran; (5) kegiatan pembelajaran; (6) penilaian; dan (7) media/alat, bahan dan sumber belajar
 Untuk menghasilkan RPP secara utuh, maka dalam pengembangan dan penyusunannya harus melalui beberapa tahap, antara lain:
    1. Analisis KI-KD untuk Indikator Pencapaian Kompetensi.
    2. Merumuskan Indikator Pencapaian Kompetensi.
    3. Merumuskan Tujuan Pembelajaran,
    4. Mengembangkan Materi Pembelajaran.
    5. Menetapkan Model, Pendekatan, dan Metoda.
    6. Mengembangkan Kegiatan Pembelajaran.
    7. Menentukan Alokasi Waktu.
    8. Menentukan Alat/Bahan/Media dan Sumber Belajar..
    9. Mengembangkan Perangkat Penilaian

B.     MEDIA PEMBELAJARAN

Proses pembelajaran merupakan kegiatan melaksanakan kurikulum, agar dapat menghasilkan peserta didik yang memiliki kemampuan sesuai tujuan pendidikan yang telah ditetapkan. Tujuan pendidikan pada dasarnya menghantar peserta didik menuju perubahan perilaku. Dalam mencapai tujuan tersebut, peserta didik berinteraksi dengan lingkungan belajar yang dikendalikan oleh guru melalui pembelajaran. Lingkungan belajar itu mencakup tujuan pembelajaran, bahan pembelajaran, metodologi, dan penilaian pembelajaran. Bahan pembelajaran adalah seperangkat materi keilmuan berupa fakta, konsep, prinsip, generalisasi suatu pengetahuan yang dapat menunjang tujuan pembelajaran. Dalam metodologi terdapat dua hal yang menonjol yaitu metode mengajar dan media pembelajaran.
Media pembelajaran adalah sarana komunikasi dalam bentuk cetak maupun pandang-dengar, termasuk teknologi perangkat keras.
Media juga dapat diartikan sebagai segala sesuatu yang dapat dipergunakan untuk menyalurkan (1) pesan, (2) merangsang pikiran, (3) perasaan, (4) perhatian, dan (5) kemauan siswa.
Media pembelajaran berdasarkan Sukartiwi (1996), dapat (1) meningkatkan motivasi peserta didik, (2) menghilangkan rasa bosan bagi peserta didik, (3) memudahkan peserta didik memahami materi pembelajaran, (4) membuat proses pembelajaran lebih sistematis.  Secara empiris media pembelajaran ternyata dapat membangun daya tarik belajar hingga 43% (University of Minnesota); peningkatan belajar hingga 200% (University of Wisconsin); 38% materi yang telah dipelajari masih dapat diingat (University of Hardvard & Columbia); dapat menjelaskan hal kompleks dalam waktu singkat (Wharton School of Business).
Untuk memberikan pengaruh yang signifikan, maka pemilihan dan penggunaan media harus benar dan tepat. Kriteria yang dapat digunakan sebagai dasar pertimbangan pemilihan media, adalah: sesuai dengan tujuan pembelajaran, tepat mendukung materi, sesuai dengan kemampuan peserta didik, praktis, dapat diaplikasikan oleh Guru, dan faktor peserta didik.
0 Komentar untuk "Mengkaji Prinsip-prinsip Perencanaan Pembelajaran dan Pengembangan Media Pembelajaran"

Back To Top