Untuk mendownload silahkan cari tombol download, jika tombol/link tidak tersedia silakan berikan komentar. Terimakasih atas kunjungannya.

Model Pembelajaran Take and Give (TAG)


Kembali lagi bersama saya di blog tetamatika, tetamatika memberikan berbagai administrasi guru, materi ajar, media pembelajaran yang berkaitan dengan pelajaran matematika. Kali ini saya akan membahas model pembelajaran take and give.

Istilah take and give sering diartikan ‘saling memberi dan saling menerima’. Prinsip ini juga menjadi intisari dari model pembelajaran Take and Give. Menurut Huda (2013), Take and Give merupakan model pembelajaran yang didukung oleh penyajian data yang diawali dengan pemberian kartu kepada siswa. Didalam kartu, ada catatan yang harus dikuasai atau dihafal masing-masing siswa. Siswa kemudian mencari pasangannya masing-masing siswa untuk bertukar pengetahuan sesuan dengan apa yang didapatnya di kartu, lalu kegiatan pembelajaran diakhiri dengan mengevaluasi siswa dengan menanyakan pengetahuan yang mereka miliki dan pengetahuan yang mereka terima dari pasangannya.

Dengan demikian, komponen penting dalam model pembelajaran take and give adalah penguasaan materi melalui kartu keterampilan bekerja berpasangan dan sharing informasi, serta evaluasi yang bertujuan untuk mengetahui pemahaman atau penguasaan siswa terhadap materi yang diberikan di dalam kartu dan kartu pasangannya.

Sintak langkah-langkah model pembelajaran take and give dapat dilihat sebagai berikut:
a. Guru mempersiapkan kartu yang akan digunakan dalam proses pembelajaran.
b. Guru mendesain kelas sebagaimana mestinya.
c. Guru menjelaskan materi sesuai dengan kompetensi yang ingin dicapai.
d. Untuk memantapkan penguasaan siswa, mereka diberikan masing-masing satu kartu untuk dipelajari atau dihafal. 
e. Semua siswa disuruh berdiri dan mencari pasangan untuk saling memberi informasi. Tiap siswa harus mencatat nama pasangannya pada kartu yang dipegangnya.
f. Demikian seterusnya hingga setiap siswa dapat saling memberi dan menerima materi masing-masing (Take and Give)
g. Untuk mengevaluasi keberhasilan siswa, guru dianjurkan memberi pertanyaan yang tidak sesuai dengan kartu.
h. Model ini dapat dimodifikasi sesuai dengan keadaan.
i. Guru menutup pembelajaran.

Kekurangan Model Pembelajaran Take and Give
Beberapa kekurangan atau kelemahan dalam penerapan model pembelajaran take and give menurut Istarani (dalam Machromah, 2014) adalah : 
a. Pada saat mencari pasangan akan terjadi ketidakteraturan karena ada peserta didik yang berlarian di dalam kelas.
b. Kemampuan peserta didik untuk menyampaikan materi pada temannya kurang sesuai dengan apa yang diharapkan.
c. Adanya peserta didik yang bertemu dengan pasangannya, bukannya membahas materi pelajaran tetapi bercerita tentang masalah lain.
Sedangkan menurut Fakqih (dalam Machromah, 2014), kelemahan model pembelajaran ini yaitu bila informasi yang disampaikan siswa kurang tepat atau salah, maka informasi yang diterima siswa lain pun akan kurang tepat.

Kelebihan Model Pembelajaran Take and give
Menurut Fakqih (dalam Machromah, 2014), kelebihan model pembelajaran take and give adalah peserta didik akan lebih cepat memahami penguasaan materi dan informasi karena mendapat informasi dari guru dan siswa yang lain. Sedangkan menurut Istarani dalam Purnomo (dalam Machromah, 2014), kelebihan dari model model pembelajaran take and give adalah :
a. Model pembelajaran ini tidak kaku, karena seorang guru boleh memodifikasi lagi penggunaan model pembelajaran ini sesuai dengan keinginan dam kebutuhan serta situasi pembelajaran.
b. Materi akan terarah, karena guru terlebih dahulu menjabarkan uraian materi sebelum dibagikan kartu kepada siswa
c. Melatih siswa untuk bekerja sama dan menghargai kemampuan orang lain
d. Melatih siswa untuk beriteraksi secara baik dengan teman sekelasnya.
e. Akan dapat memperdalam dan mempertajam pengetahuan siswa melalui kartu yang dibagikan kepadanya, sebab mau tidak mau harus menghafal dan paling tidak membaca materi yang diberikan kepadanya.
f. Dapat meningkatkan tanggung jawab siswa, sebab masing-masing siswa dimintai pertanggungjawaban atas kartu yang diberkan kepadanya.

0 Komentar untuk "Model Pembelajaran Take and Give (TAG)"

Back To Top