Kembali lagi bersama saya di blog tetamatika, tetamatika memberikan berbagai administrasi guru, materi ajar, media pembelajaran yang berkaitan dengan pelajaran matematika. Kali ini saya akan membahas tentang Silabus Mata Pelajaran Matematika SMA/SMK/MA Kurikulum 2016 revisi terbaru.
Setelah melalui beberapa revisi, di tahun 2016 ini silabus matematika wajib kembali mendapatkan beberapa perubahan. Saya akan menyajikan beberapa konsep yang ada di silabus matematika SMA/SMK/MA kurikulum 2013 revisi 2016.
Di bawah ini adalah beberapa kompetensi matematika untuk SMA/SMK/MA :
Aspek
|
Kompetensi Matematika SMA/MA/SMK/MAK
|
Aljabar
|
Menggunakan
persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel yang memuat nilai mutlak, sistem persamaan linear tiga
variabel,
fungsi, logika matematika, induksi matematika,
program linear dua variabel, matriks,
barisan dan deret dalam pemecahan masalah kehidupan sehari-hari
|
Geometri
|
Menggunakan
matriks pada transformasi geometri, bidang
datar, tranformasi geometri, geometri ruang dalam pemecahan masalah
|
Statistika
dan Peluang
|
Menggunakan statistik deskriptif dari data berkelompok, kaidah pencacahan, dan peluang dalam
pemecahan masalah kehidupan sehari-hari
|
Trigonometri
|
Menggunakan perbandingan trigonometri pada segitiga
siku-siku dan sudut-sudut yang berelasi, identitas, aturan sinus
dan cosinus, fungsi trigonometri
dalam pemecahan masalah kehidupan sehari-hari
|
Kalkulus
|
Menggunakan
limit, turunan, dan integral
tak tentu fungsi aljabar dalam pemecahan masalah
|
Selanjutnya Kompetensi Inti pada kelas X, kelas XI dan kelas XII
Kelas X
|
Kelas XI
|
Kelas XII
|
KI
1: Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
|
KI
1: Menghayati dan
mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
|
KI
1: Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
|
KI 2 : Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif,
dan pro-aktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
|
KI 2: Menunjukkan
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama,
toleran, damai), santun, responsif, dan pro-aktif sebagai bagian dari solusi
atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam serta menempatkan diri sebagai cerminan bangsa
dalam pergaulan dunia
|
KI 2: Menunjukkan
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran,
damai), santun, responsif, dan pro-aktif sebagai bagian dari solusi atas
berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan
sosial dan alam serta menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam
pergaulan dunia
|
KI 3: Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan
faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan,
dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan
pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat
dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
KI 3: Memahami
,menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural,
dan metakognitif berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban
terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan
prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya
untuk memecahkan masalah
|
KI 3: Memahami,
menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual,
prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan,
dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan
pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat
dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
KI
4: Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah
abstrak terkait dengan pengembangan
dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan
metoda sesuai kaidah keilmuan
|
KI 4: Mengolah, menalar, dan
menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan
dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif
dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
|
KI 4: Mengolah, menalar,
menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri serta
bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan metoda sesuai
kaidah keilmuan
|
Ruang Lingkup dan Peta Materi Mata Pelajaran Matematika SMA/SMK/MA kurikulum 2013 revisi 2016
SILABUS MATEMATIKA DAN MATERI KELAS X
Pertimbangan penambahan Kompetensi Dasar 3.1 , 3.2 , 3.3 pada kelas x dikarenakan Kompetensi Dasar tersebut merupakan materi yang menjadi dasar dalam mempelajari kompetensi dasar yang lain.
SILABUS MATEMATIKA DAN MATERI KELAS XI
Dari kerangka silabus tersebut bisa dijadikan acuan untuk pembuatan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) dan juga pembuatan bahan ajar.
Untuk lebih lengkapnya bisa di lihat di SILABUS MATA PELAJARAN MATEMATIKA SMA/SMK/MA KURIKULUM 2013 REVISI 2016
MATERI
|
KOMPETENSI
DASAR
|
KOMPETENSI DASAR
|
1 PANGKAT
|
3.1 menerapkan
operasi pada bilangan ber-pangkat
|
4.1 menyelesaikan masalah kontekstual yang
berkaitan dengan operasi pada bilangan berpangkat
|
2 AKAR
|
3.2 menerapkan operasi pada
bilangan irasional
|
4.2
menyelesaikan masalah
kontekstual yang berkaitan
dengan operasi pada bilangan
irasional
|
3 LOGARITMA
|
3.3 menerapkan konsep logaritma
|
4.3 menyelesaikan masalah
kontekstual yang berkaitan
dengan logaritma
|
4 PERSAMAAN DAN PERTIDAKSAMAAN LINEAR
SATU VARIABEL
|
3.4 menyusun
persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel yang memuat nilai mutlak
dari masalah kontekstual
|
4.4 menyelesaikan
masalah kontekstual yang berkaitan dengan persamaan atau pertidaksamaan
linear satu variabel yang memuat nilai
mutlak
|
5 PERSAMAAN LINEAR TIGA VARIABEL
|
3.5 menyusun
sistem persamaan linear tiga variabel dari masalah kontekstual
|
4.5 menyelesaikan
masalah kontekstual yang berkaitan
dengan sistem persamaan linear tiga variabel
|
6 FUNGSI
|
3.6 menentukan fungsi (fungsi linear, fungsi
kuadrat, dan fungsi rasional) secara formal yang meliputi notasi, daerah
asal, daerah hasil, dan ekspresi simbolik, serta sketsa grafiknya
|
4.6 menyelesaikan
masalah kontekstual yang berkaitan
dengan daerah asal, daerah hasil, dan membuat
garfik fungsi
|
7 FUNGSI KOMPOSISI
|
3.7 menentukan operasi aritmetika (penjumlahan,
pengurangan, perkalian, dan pembagian) dan operasi komposisi pada fungsi
|
4.7 menyelesaikan
masalah yang melibatkan operasi aritmetika dan operasi komposisi fungsi
|
8 FUNGSI INVERS
|
3.8 menjelaskan
fungsi invers dan sifat-sifatnya serta
eksistensinya
|
4.8 menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan fungsi invers dari suatu fungsi
|
9 UKURAN SUDUT
|
3.9 menjelaskan
hubungan antara radian dan derajat sebagai satuan pengukuran sudut
|
4.9 menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan pengukuran sudut dalam satuan radian atau
derajat
|
10 PERBANDINGAN TRIGONOMETRI
|
3.10 menentukan perbandingan trigonometri (sinus, cosinus, tangen,
cosecan, secan, dan cotangen) pada segitiga siku-siku
|
4.10 menerapkan perbandingan trigonometri (sinus, cosinus,
tangen, cosecan, secan, dan cotangen) pada segitiga siku-siku berkaitan dengan masalah kontekstual
|
11 PERBANDINGAN TRIGONOMETRI DI BERBAGAI
KUADRAN
|
3.11 menentukan perbandingan trigonometri untuk sudut-sudut di berbagai
kuadran dan sudut-sudut berelasi
|
4.11 menerapkan perbandingan trigonometri sudut-sudut di berbagai
kuadran dan sudut-sudut berelasi berkaitan
dengan masalah kontekstual
|
12 IDENTITAS TRIGONOMETRI
|
3.12
menjelaskan identitas dasar
trigonometri sebagai hubungan antara perbandingan trigonometri dalam membuktikan identitas trigonometri
lain.
|
4.12 menerapkan
identitas dasar trigonometri untuk membuktikan identitas trigonometri lain.
|
13 ATURAN SINUS DAN COSINUS
|
3.13
menjelaskan aturan sinus dan cosinus pada segitiga
|
4.13
menggunakan aturan sinus dan cosinus berkaitan dengan masalah kontekstual
|
14 GRAFIK FUNGSI TRIGONOMETRI
|
3.14
menjelaskan grafik fungsi trigonometri dengan
menggunakan lingkaran satuan
|
4.14
membuat sketsa grafik fungsi
trigonometri
|
Pertimbangan penambahan Kompetensi Dasar 3.1 , 3.2 , 3.3 pada kelas x dikarenakan Kompetensi Dasar tersebut merupakan materi yang menjadi dasar dalam mempelajari kompetensi dasar yang lain.
SILABUS MATEMATIKA DAN MATERI KELAS XI
MATERI
|
KOMPETENSI
DASAR
|
KOMPETENSI DASAR
|
1 LOGIKA
|
3.1 menjelaskan
logika matematika dan pernyataan berkuantor, serta penalaran formal
(penalaran induktif, penalaran deduktif, dan contoh penyangkal) untuk menguji
validitas argumen
|
4.1 menerapkan logika matematika dan pernyataan
berkuantor, serta penalaran formal (penalaran induktif, penalaran deduktif,
dan contoh penyangkal) untuk menguji
validitas argumen yang berkaitan dengan masalah kontekstual
|
2 INDUKSI MATEMATIS
|
3.2 menjelaskan
metode pembuktian langsung, tidak langsung, kontradiksi, dan induksi
matematis
|
4.2 menerapkan
metode pembuktian untuk menguji kesahihan pernyataan matematis
|
3 PERTIDAKSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL
|
3.3 menjelaskan
pertidaksamaan linear dua variabel
dengan menggunakan masalah kontekstual
|
4.3 menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan pertidaksamaan linear
dua variabel
|
4 PROGRAM LINEAR DUA VARIABEL
|
3.
4 menjelaskan
masalah program
linear dan metode penyelesaiannya
|
4.4 menyelesaikan
masalah kontekstual yang berkaitan dengan program linear
|
5 MATRIKS
|
3.
5 menjelaskan
matriks, kesamaan matriks dan operasi
hitung pada
matriks yang meliputi penjumlahan, pengurangan, perkalian skalar, perkalian dua matriks
atau lebih,
|
4.5 menyelesaikan
masalah kontekstual yang berkaitan dengan matriks dan operasinya
|
6 DETERMINAN DAN INVERS MATRIKS
|
3.
6 menganalisis
sifat-sifat determinan dan invers matriks berordo 2×2 dan 3×3
|
4.6 menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan determinan dan
invers matriks berordo 2×2 dan 3×3
|
7 TRANSFORMASI GEOMETRI MENGGUNAKAN
MATRIKS
|
3.
7 menganalisis
sifat-sifat transformasi geometri (translasi, refleksi, dilatasi, dan rotasi)
dengan menggunakan matriks
|
4.7 menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan matriks
transformasi geometri (translasi, refleksi, dilatasi dan rotasi)
|
8 BARISAN DAN DERET
|
3.
8 menganalisis barisan berdasarkan pola meliputi barisan
aritmetika dan geometri
|
4.8 menerapkan
pola barisan aritmetika atau geometri dalam
masalah kontekstual (termasuk
pertumbuhan, peluruhan, bunga majemuk, dan anuitas)
|
9 LIMIT
|
3.9 menjelaskan
limit fungsi aljabar (fungsi polinom dan fungsi rasional) secara intuitif dan
sifat-sifatnya, serta menentukan eksistensinya
|
4.9 menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan limit fungsi aljabar
|
10 TURUNAN
|
3.10
menentukan turunan fungsi aljabar dan sifat-sifatnya
dengan menggunakan
definisi atau sifat-sifat turunan fungsi
|
4.10
menyelesaikan masalah yang berkaitan
dengan turunan fungsi aljabar
|
11 MAKSIMUM MINIMUM
|
3.11
menganalisis keterkaitan turunan pertama fungsi dengan nilai
maksimum, nilai minimum, dan selang kemonotonan fungsi, serta kemiringan
garis singgung kurva
|
4.11
menentukan titik maksimum, titik
minimum, dan selang kemonotonan fungsi, serta kemiringan garis singgung
kurva, persamaan garis singgung, dan garis normal kurva berkaitan dengan
masalah kontekstual dengan turunan pertama fungsi
|
12 INTEGRAL
|
3.12
menganalisis integral tak tentu fungsi aljabar dan sifat-sifatnya
berdasarkan sifat-sifat turunan fungsi
|
4.12
menyelesaikan masalah yang berkaitan
dengan integral tak tentu (anti turunan) fungsi aljabar
|
SILABUS MATEMATIKA DAN MATERI KELAS XII
MESTER
|
KOMPETENSI DASAR
|
KOMPETENSI DASAR
|
1 BIDANG DATAR
|
3.1
menganalisis hubungan kesebangunan
dan kekongruenan antar bangun datar dengan menggunakan aturan sinus dan
cosinus serta sifat-sifat transformasi geometri
|
4.1
menggunakan aturan sinus dan cosinus
serta sifat-sifat transformasi geometri pada masalah
yang berkaitan dengan hubungan kesebangunan dan kekongruenan antar bangun
datar
|
2 GEOMETRI RUANG
|
3.2 menemukan jarak antar titik, titik ke
garis, dan titik ke bidang dalam ruang
|
4.2
menyelesaikan masalah yang berkaitan
dengan jarak dalam ruang
|
3 STATISTIKA
|
3.3
menganalisis ukuran pemusatan dan
penyebaran data yang disajikan dalam
bentuk tabel distribusi frekuensi dan histogram
|
4.3
menyelesaikan masalah yang berkaitan
dengan penyajian data hasil pengukuran dan pencacahan dalam tabel distribusi
frekuensi dan histogram
|
4 KAIDAH PENCACAHAN
|
3.4
menganalisis aturan pencacahan
(aturan penjumlahan, aturan perkalian, permutasi, dan kombinasi) melalui
masalah kontekstual
|
4.4
menyelesaikan masalah kontekstual
yang berkaitan dengan kaidah pencacahan (aturan penjumlahan, aturan
perkalian, permutasi, dan kombinasi)
|
5 PELUANG
|
3.5 menganalisis
peluang bersyarat, kejadian-kejadian saling bebas, saling lepas, dan kejadian
majemuk dari suatu percobaan acak
|
4.5
menyelesaikan masalah yang berkaitan
dengan peluang bersyarat, kejadian-kejadian saling bebas, saling lepas, dan
kejadian majemuk
|
Untuk lebih lengkapnya bisa di lihat di SILABUS MATA PELAJARAN MATEMATIKA SMA/SMK/MA KURIKULUM 2013 REVISI 2016
dan untuk perangkat pembelajaran matematika SMA/SMK/MA kurikulum 2013 revisi februari 2016 YANG TERBARU bisa klik di :
Silabus, Program Tahunan, Pogram Semesteran, RPP, dan Bahan Ajar Matematika SMA/SMK/MA Kurikulum 2013 Revisi 19022016 Kelas X Lengkap
Silabus, Program Tahunan, Pogram Semesteran, RPP, dan Bahan Ajar Matematika SMA/SMK/MA Kurikulum 2013 Revisi 19022016 Kelas XI Lengkap
Silabus, Program Tahunan, Pogram Semesteran, RPP, dan Bahan Ajar Matematika SMA/SMK/MA Kurikulum 2013 Revisi 19022016 Kelas XII Lengkap
0 Komentar untuk "SILABUS MATA PELAJARAN MATEMATIKA SMA/SMK/MA KURIKULUM 2013 REVISI 2016"