Untuk mendownload silahkan cari tombol download, jika tombol/link tidak tersedia silakan berikan komentar. Terimakasih atas kunjungannya.

SILABUS MATA PELAJARAN MATEMATIKA SMA/SMK/MA KURIKULUM 2013 REVISI 2016

Kembali lagi bersama saya di blog tetamatika, tetamatika memberikan berbagai administrasi guru, materi ajar, media pembelajaran yang berkaitan dengan pelajaran matematika. Kali ini saya akan membahas tentang Silabus Mata Pelajaran Matematika SMA/SMK/MA Kurikulum 2016 revisi terbaru.



Setelah melalui beberapa revisi, di tahun 2016 ini silabus matematika wajib kembali mendapatkan beberapa perubahan. Saya akan menyajikan beberapa konsep yang ada di silabus matematika SMA/SMK/MA kurikulum 2013 revisi 2016.

Di bawah ini adalah beberapa kompetensi matematika untuk SMA/SMK/MA :



Aspek
Kompetensi Matematika SMA/MA/SMK/MAK
Aljabar
Menggunakan persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel yang memuat nilai mutlak, sistem persamaan linear tiga variabel, fungsi, logika matematika, induksi matematika, program linear dua variabel, matriks, barisan dan deret dalam pemecahan masalah kehidupan sehari-hari
Geometri
Menggunakan matriks pada transformasi geometri, bidang datar, tranformasi geometri, geometri ruang dalam pemecahan masalah
Statistika dan Peluang
Menggunakan statistik deskriptif dari data berkelompok, kaidah pencacahan, dan peluang dalam pemecahan masalah kehidupan sehari-hari
Trigonometri
Menggunakan perbandingan trigonometri pada segitiga siku-siku dan sudut-sudut yang berelasi, identitas, aturan sinus dan cosinus, fungsi trigonometri dalam pemecahan masalah kehidupan sehari-hari
Kalkulus
Menggunakan limit, turunan, dan integral tak tentu fungsi aljabar  dalam pemecahan masalah

Selanjutnya Kompetensi Inti pada kelas X, kelas XI dan kelas XII

Kelas X
Kelas XI
Kelas XII
KI 1: Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI 1: Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI 1: Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI 2 : Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif, dan pro-aktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
KI 2: Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif, dan pro-aktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
KI 2: Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif, dan pro-aktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
KI 3: Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
KI 3: Memahami ,menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
KI 3: Memahami, menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
KI 4: Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
KI 4: Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
KI 4: Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri serta bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

Ruang Lingkup dan Peta Materi Mata Pelajaran Matematika SMA/SMK/MA kurikulum 2013 revisi 2016


SILABUS MATEMATIKA DAN MATERI KELAS X


MATERI
KOMPETENSI DASAR
KOMPETENSI DASAR
1        PANGKAT
3.1     menerapkan operasi pada bilangan ber-pangkat
4.1     menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan operasi pada bilangan berpangkat
2        AKAR
3.2     menerapkan operasi pada     
          bilangan irasional
4.2     menyelesaikan masalah   
          kontekstual yang berkaitan
          dengan operasi pada bilangan
          irasional
3        LOGARITMA
3.3     menerapkan konsep logaritma
4.3     menyelesaikan masalah   
          kontekstual yang berkaitan    
          dengan logaritma

4        PERSAMAAN DAN PERTIDAKSAMAAN LINEAR SATU VARIABEL
3.4     menyusun persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel yang memuat nilai mutlak dari masalah kontekstual
4.4     menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan persamaan atau pertidaksamaan linear  satu variabel yang memuat nilai mutlak
5        PERSAMAAN LINEAR TIGA VARIABEL
3.5     menyusun sistem persamaan linear tiga variabel dari masalah kontekstual
4.5     menyelesaikan masalah  kontekstual yang berkaitan dengan sistem persamaan linear tiga variabel
6        FUNGSI
3.6     menentukan fungsi (fungsi linear, fungsi kuadrat, dan fungsi rasional) secara formal yang meliputi notasi, daerah asal, daerah hasil, dan ekspresi simbolik, serta sketsa grafiknya  
4.6     menyelesaikan masalah  kontekstual yang berkaitan dengan daerah asal, daerah hasil, dan membuat garfik fungsi
7        FUNGSI KOMPOSISI
3.7     menentukan operasi aritmetika (penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian) dan operasi komposisi pada fungsi
4.7     menyelesaikan masalah yang melibatkan operasi aritmetika dan operasi komposisi fungsi
8        FUNGSI INVERS
3.8     menjelaskan fungsi invers  dan sifat-sifatnya serta eksistensinya
4.8     menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan fungsi invers dari suatu fungsi
9        UKURAN SUDUT
3.9     menjelaskan hubungan antara radian dan derajat sebagai satuan pengukuran sudut 
4.9     menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan pengukuran sudut dalam satuan radian atau derajat
10      PERBANDINGAN TRIGONOMETRI
3.10   menentukan  perbandingan  trigonometri (sinus, cosinus, tangen, cosecan, secan, dan cotangen) pada segitiga siku-siku 

4.10  menerapkan  perbandingan trigonometri (sinus, cosinus, tangen, cosecan, secan, dan cotangen) pada segitiga siku-siku berkaitan dengan masalah kontekstual
11      PERBANDINGAN TRIGONOMETRI DI BERBAGAI KUADRAN
3.11   menentukan  perbandingan  trigonometri untuk sudut-sudut di berbagai kuadran dan sudut-sudut berelasi

4.11   menerapkan  perbandingan  trigonometri sudut-sudut di berbagai kuadran dan sudut-sudut berelasi berkaitan dengan masalah kontekstual
12      IDENTITAS TRIGONOMETRI
3.12   menjelaskan identitas dasar trigonometri sebagai hubungan antara perbandingan trigonometri  dalam membuktikan identitas trigonometri lain.
4.12   menerapkan identitas dasar trigonometri untuk membuktikan identitas trigonometri lain.

13      ATURAN SINUS DAN COSINUS
3.13   menjelaskan aturan sinus dan cosinus pada segitiga
4.13   menggunakan  aturan sinus dan cosinus berkaitan dengan masalah kontekstual
14      GRAFIK FUNGSI TRIGONOMETRI
3.14   menjelaskan grafik fungsi trigonometri dengan menggunakan lingkaran satuan
4.14   membuat sketsa grafik fungsi trigonometri

Pertimbangan penambahan Kompetensi Dasar 3.1 , 3.2 , 3.3 pada kelas x dikarenakan Kompetensi Dasar tersebut merupakan materi yang menjadi dasar dalam mempelajari kompetensi dasar yang lain.

SILABUS MATEMATIKA DAN MATERI KELAS XI
MATERI
KOMPETENSI DASAR
KOMPETENSI DASAR
1        LOGIKA
3.1     menjelaskan logika matematika dan pernyataan berkuantor, serta penalaran formal (penalaran induktif, penalaran deduktif, dan contoh penyangkal) untuk menguji validitas argumen 
4.1     menerapkan  logika matematika dan pernyataan berkuantor, serta penalaran formal (penalaran induktif, penalaran deduktif, dan contoh penyangkal)  untuk menguji validitas argumen yang berkaitan dengan masalah kontekstual 
2        INDUKSI MATEMATIS
3.2     menjelaskan metode pembuktian langsung, tidak langsung, kontradiksi, dan induksi matematis
4.2     menerapkan metode pembuktian untuk menguji kesahihan pernyataan matematis
3        PERTIDAKSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL
3.3     menjelaskan pertidaksamaan linear dua variabel  dengan menggunakan masalah kontekstual
4.3     menyelesaikan  masalah kontekstual  yang berkaitan dengan pertidaksamaan linear dua variabel

4        PROGRAM LINEAR DUA VARIABEL
3. 4    menjelaskan masalah program linear dan metode penyelesaiannya
4.4     menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan program linear
5        MATRIKS
3. 5    menjelaskan matriks, kesamaan matriks dan operasi hitung pada matriks yang meliputi penjumlahan, pengurangan, perkalian skalar,  perkalian dua matriks atau lebih,
4.5     menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan matriks dan operasinya

6        DETERMINAN DAN INVERS MATRIKS
3. 6    menganalisis sifat-sifat  determinan  dan invers matriks berordo 2×2 dan 3×3
4.6     menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan determinan dan  invers matriks berordo 2×2 dan 3×3
7        TRANSFORMASI GEOMETRI MENGGUNAKAN MATRIKS
3. 7    menganalisis sifat-sifat transformasi geometri (translasi, refleksi, dilatasi, dan rotasi) dengan menggunakan matriks
4.7     menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan matriks  transformasi geometri (translasi, refleksi, dilatasi dan rotasi)
8        BARISAN DAN DERET
3. 8    menganalisis  barisan berdasarkan pola meliputi barisan aritmetika dan geometri
4.8     menerapkan pola barisan aritmetika atau geometri dalam  masalah kontekstual (termasuk  pertumbuhan, peluruhan, bunga majemuk, dan anuitas)
9        LIMIT
3.9     menjelaskan limit fungsi aljabar (fungsi polinom dan fungsi rasional) secara intuitif dan sifat-sifatnya, serta menentukan eksistensinya
4.9     menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan limit fungsi aljabar

10      TURUNAN
3.10   menentukan   turunan fungsi aljabar  dan sifat-sifatnya dengan menggunakan definisi atau sifat-sifat turunan fungsi
4.10   menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan turunan fungsi aljabar

11      MAKSIMUM MINIMUM
3.11   menganalisis  keterkaitan turunan pertama fungsi dengan nilai maksimum, nilai minimum, dan selang kemonotonan fungsi, serta kemiringan garis singgung kurva

4.11   menentukan titik maksimum, titik minimum, dan selang kemonotonan fungsi, serta kemiringan garis singgung kurva, persamaan garis singgung, dan garis normal kurva berkaitan dengan masalah kontekstual dengan turunan pertama fungsi
12      INTEGRAL
3.12   menganalisis integral tak tentu  fungsi aljabar dan sifat-sifatnya berdasarkan sifat-sifat turunan fungsi
4.12   menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan integral tak tentu (anti turunan) fungsi aljabar

SILABUS MATEMATIKA DAN MATERI KELAS XII
MESTER
KOMPETENSI DASAR
KOMPETENSI DASAR
1        BIDANG DATAR
3.1     menganalisis hubungan kesebangunan dan kekongruenan antar bangun datar dengan menggunakan aturan sinus dan cosinus serta sifat-sifat transformasi geometri

4.1     menggunakan aturan sinus dan cosinus serta sifat-sifat transformasi geometri pada masalah yang berkaitan dengan hubungan kesebangunan dan kekongruenan antar bangun datar
2        GEOMETRI RUANG
3.2     menemukan jarak antar titik, titik ke garis, dan titik ke bidang dalam ruang
4.2     menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan jarak dalam ruang

3        STATISTIKA
3.3     menganalisis ukuran pemusatan dan penyebaran data  yang disajikan dalam bentuk tabel distribusi frekuensi dan histogram
4.3     menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan penyajian data hasil pengukuran dan pencacahan dalam tabel distribusi frekuensi dan histogram
4        KAIDAH PENCACAHAN
3.4     menganalisis aturan pencacahan (aturan penjumlahan, aturan perkalian, permutasi, dan kombinasi) melalui masalah kontekstual
4.4     menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan kaidah pencacahan (aturan penjumlahan, aturan perkalian, permutasi, dan kombinasi)
5        PELUANG
3.5     menganalisis peluang bersyarat, kejadian-kejadian saling bebas, saling lepas, dan kejadian majemuk dari suatu percobaan acak
4.5     menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan peluang bersyarat, kejadian-kejadian saling bebas, saling lepas, dan kejadian majemuk

Dari kerangka silabus tersebut bisa dijadikan acuan untuk pembuatan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) dan juga pembuatan bahan ajar.

Untuk lebih lengkapnya bisa di lihat di SILABUS MATA PELAJARAN MATEMATIKA SMA/SMK/MA KURIKULUM 2013 REVISI 2016

dan untuk perangkat pembelajaran matematika SMA/SMK/MA kurikulum 2013 revisi februari 2016 YANG TERBARU bisa klik di :

Silabus, Program Tahunan, Pogram Semesteran, RPP, dan Bahan Ajar Matematika SMA/SMK/MA Kurikulum 2013 Revisi 19022016 Kelas X Lengkap

Silabus, Program Tahunan, Pogram Semesteran, RPP, dan Bahan Ajar Matematika SMA/SMK/MA Kurikulum 2013 Revisi 19022016 Kelas XI Lengkap

Silabus, Program Tahunan, Pogram Semesteran, RPP, dan Bahan Ajar Matematika SMA/SMK/MA Kurikulum 2013 Revisi 19022016 Kelas XII Lengkap
0 Komentar untuk "SILABUS MATA PELAJARAN MATEMATIKA SMA/SMK/MA KURIKULUM 2013 REVISI 2016"

Back To Top